Saturday, May 24, 2008

ROH BAPA

Ringkasan Khotbah Kebaktian Hari Raya Pentakosta, 11 Mei 2008
Oleh : Pdt. Frans Z. Assa

Yesaya 52 : 13 -15 — Sesungguhnya, hambaKu akan berhasil, ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan. Seperti banyak orang akan tertegun melihat dia —begitu buruk rupanya, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi— demikianlah ia akan membuat tercengang banyak bangsa, raja-raja akan mengatupkan mulutnya melihat dia; sebab apa yang tidak diceritakan kepada mereka akan mereka lihat, dan apa yang tidak mereka dengar akan mereka pahami.
Sekitar 760 tahun sesudah nabi Yesaya memberikan nubuatan tadi terjadilah peristiwa di Kisah Para Rasul 2 : 1 - 8. Nabi Yesaya sudah memberitahu ada proses munculnya satu pribadi yang dianiaya, disiksa sampai tidak punya bentuk lagi, sudah tidak seperti manusia lagi. Yesus mati, dikuburkan dan pada hari ketiga Ia bangkit, 40 hari kemudian Ia naik ke sorga dan memberitahu akan mencurahkan Roh Kudus seperti yang telah dinubuatkan nabi-nabi dalam Perjanjian Lama. 500 orang yang telah mendengarnya berkumpul dan berdoa di loteng Yerusalem sampai akhirnya tinggal 120 orang dan pada hari yang ke-10 mereka penuh dengan Roh Kudus, mereka berbicara dalam bahasa-bahasa lain.
Ketika 120 orang penuh dengan Roh Kudus seluruh penduduk Yerusalem gempar, tercengang dan heran. Hari-hari ini Allah sedang siapkan kita, itu sebabnya darah Anak Domba sudah dicurahkan untuk membasuh kita, Allah mau pakai kita untuk mencengangkan dunia. Apa yang menyebabkan orang banyak tertegun dan tercengang?
Roma 8 : 11 - Dan jika Roh Dia, yang telah mem- bangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu,.. (if the Spirit of him who rised Jesus from dead dwells in you...)
Roh Bapa akan dicurahkan ke atas setiap manusia. Ketika Roh Bapa ada di dalam Yesus —Yesus manusia, bedanya Ia tidak berdosa tapi kodrat manusia ada dalam Yesus— Ia disebut telah diurapi (Lukas 4 : 18), perkataanNya penuh kuasa (Lukas 4 : 32) sehingga saat Ia me-nyampaikan firman Allah, semua orang takjub dan tercengang; roh jahat —kekecewaan, suntuk, kelemahan, penyakit, patah semangat— diperintahkanNya taat dan tunduk kepadaNya (Markus 1 : 27). Kita akan mencengangkan dunia ini ketika Roh Bapa ada dalam kita, roh jahat akan takluk kepada kita karena kita lebih dari seorang pemenang.
Penghambat Roh Bapa masuk dalam diri kita adalah dosa, tapi saat kita mohon ampun darah Anak Domba akan membasuh dan firman Allah membenarkan kita.
Ketika Roh Bapa tinggal dalam seseorang :
1. Hakim-hakim 16 : 2 - 3.
Simson sedang terancam, penduduk kota mengepungnya, pintu gerbang kota tertutup dan kota dijaga ketat. Malam hari dengan urapan Roh Allah yang ada di dalam dia, Simson memegang pintu gerbang dan mengangkatnya. Mungkin di antara kita dihantui dan berhadapan dengan pintu besi —apapun bentuknya— yang tertutup rapat namun ketika Roh Bapa ada dalam kita, kita akan bebas, Roh Bapa akan menyebabkan kita menggoncangkan dunia.
2. I Samuel 17 : 34 - 35.
Daud, dia dituntut harus bertanggung jawab dan berhasil dalam pekerjaannya, sedangkan Daud seorang yang lemah. Sementara Daud berjalan dengan tanggung jawabnya ia dan kawanan dombanya berhadapan pula dengan ancaman singa dan beruang, tetapi Roh Allah ada di dalam Daud sehingga ketika berhadapan dengan ancaman Daud dapat menaklukannya.
3. Kisah Para Rasul 9 : 23 - 25.
Orang-orang Yahudi mengancam akan membunuh Saulus yang baru saja bertobat, semua pintu gerbang kota dijaga ketat tidak ada tempat untuk meloloskan diri karena banyak orang meninggalkan adat mereka lalu mengambil pilihan dan keputusan untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat yang diberitakan oleh Paulus. Ketika Roh Bapa ada di dalam Paulus, Roh Bapa menciptakan mujizat yang luar biasa, malaikat penolong Tuhan kirimkan dan Paulus bisa meloloskan diri dengan menggunakan keranjang.
Roma 8 : 11, kalau Roh Bapa ada dalam kita, kita boleh terkubur oleh apapun yang menakutkan kita, tapi Roh Bapa akan membangkitkan kita dari segala bentuk kematian apa saja karena karakter Bapa salah satunya adalah menegakkan orang yang tertunduk (Mazmur 146 : 8).
Apabila Roh Bapa ada dalam diri kita tujuan akhirnya adalah ketika roh Antikris muncul mengendalikan dan menguasai bidang politik, bidang keuangan dan ekonomi, bidang budaya, geraja/orang percaya yang penuh dengan firman dan Roh Kudus akan disingkirkan ke padang belantara selama 3½ tahun (Wahyu 12 : 14).

Amin

No comments: