Saturday, May 24, 2008

KEMENANGAN YANG GEMILANG PADA AKHIRNYA (Bagian II)

Ringkasan Khotbah Kebaktian Paskah Minggu, 30 Maret 2008
Oleh : Pdt. Frans Z. Assa

II Petrus 2 : 13 - dan akan mengalami nasib yang buruk sebagai upah kejahatan mereka...
Dalam TBvS - ...sebagai ganjaran atas penderitaan yang telah mereka sebabkan mereka akan menderita sengsara...
Munculnya orang-orang yang berjubah rohani tetapi ternyata sebetulnya hati tidak bertobat, berhati binatang akan nampak dari cara mereka berbicara. Pada waktu keluar kata-kata Yesus katakan apa yang keluar dari mulut keluar dari hati. Kalau hati menyimpan air keruh yang beracun maka akan keluar kata-kata yang mengandung racun yang meracuni orang lain.
Roh daging berlawanan dengan Roh Allah. Mereka yang berhati binatang tidak bisa mengendalikan suara daging, selalu mengikuti suara daging bukan suara Roh Allah.
Manusia yang sejak awal Tuhan ciptakan hanya beda sedikit dengan Allah (Mazmur 8) membawa gambar dan teladan Allah, itu menyeluruh roh, jiwa dan tubuh dan Tuhan tempatkan mereka di Taman Eden, tidak ada dan belum ada roh yang melawan Allah. Ketika roh daging masuk manusia cenderung melawan Allah dan peraturan-peraturanNya sehingga mereka yang menerima otoritas yang didelegasikan Allah pun selalu mendapat perlawanan dari bawah. Dan ini masuk ke dalam keluarga, dunia sekuler, gereja dan roh ini ada di seluruh muka bumi.
Kapan roh daging masuk ke dalam manusia?
Yesaya 14 : 15-21 hubungkan dengan Yehezkiel 28. Pada waktu Lucifer berusaha merebut 5 titik kemuliaan Allah, Tuhan membuang dan mencampakkannya ke bumi. Pada saat itulah rohnya yang suka melawan juga ikut ke bumi; itu kemudian masuk melalui ular di Taman Eden. Saat Hawa makan buah yang dilarang Tuhan sejak itulah roh Lucifer masuk ke dalam manusia merusak roh, jiwa dan tubuh manusia, kemuliaan Allah hilang. Roma 3 mengatakan masih ada sisa-sisa kemuliaan, tapi kemuliaan secara penuh hilang. Sejak itulah roh daging selalu mengusik, menyusahkan.
Sejak awal zaman terjadi peperangan antara yang manusiawi dan rohani. Lukas 11 : 46-52. Hal-hal yang paling berbahaya orang-orang yang berjubah rohani tapi hati tidak bertobat, mereka membangun makam-makam, kubur-kubur padahal imam dan nabiyang dikuburkan di sana merekalah yang membunuhnya. Mereka menghalangi orang yang akan masuk Bait Allah menggunakan metoda melempar umpan perkataan yang bisa meracuni. Ayat 51, roh daging/roh Lucifer yang telah bergerak sejak awal zaman (Habel) sampai zaman Zakaria (anak imam Yoyada yang telah dibunuh oleh Raja Yoas yang telah dipengaruhi oleh orang-orang terdekatnya) mempunyai rentang waktu ± 3.900 tahun.
Gaya/cara dari daging untuk mengusik orang percaya :
1. Kejadian 4 : 8.
Kain yang nampaknya mempunyai jubah rohani sebagai aktivis, terlibat dalam pelayanan namun Habel ia bunuh di ladang pelayanan (meracuni, membunuh semangat lewat perkataan).
2. Kejadian 27 : 41.
Esau selalu mengintip masa depan Yakub, ia ingin menghancurkan masa depan Yakub. Tuhan sudah racik masa depan kita, sebelum langkah kita tiba di situ Lucifer gunakan orang lain untuk merusak tapak yang akan kita jejaki tapi jangan kuatir karena Tuhan sudah amankan masa depan kita.
3. II Samuel 16 : 5 - 7.
Simei kelihatannya setia dan dekat dengan Daud tapi mempunyai maksud-maksud tertentu. Saat Daud ditahbiskan menjadi raja, Simei tidak ikut mendapat kedudukan dalam pemerintahan Daud dan pada akhirnya menyusahkan Daud.
Kalau kita melayani Tuhan, berkorban untuk Tuhan harus dengan motivasi yang benar, kalau tidak kita akan susah dan kecewa.
4. Kisah Para Rasul 20 : 29 - 30.
Paulus jelaskan orang-orang yang dipakai roh Lucifer seperti serigala-serigala ganas yang merusak dan meracuni ladang-ladang pelayanan di mana Paulus menebarkan benih kebenaran. II Korintus 9 : 6 - 7, Paulus mene- gur jemaat Korintus yang mempunyai motivasi yang tidak tulus. Filipi 4:19-20, jemaat Filipi memiliki motivasi yang tulus dalam melayani Tuhan.
Jangan ada roh Lucifer yang menyusup karena akan mencelakakan kita sendiri, jangan beri tempat kepada Iblis.
Sampai kapan roh Lucifer ini bergerak ? II Tesa-lonika 2 : 7 - 8.
Sampai Roh Kudus diangkat dari dunia ini saat itulah gereja, orang percaya yang sungguh - sungguh sekalipun terusik, jatuh - bangun tapi mereka tetap bertekun juga akan disingkirkan ke padang belantara, barulah muncul aniaya. Selama Roh Kudus ada di dunia, Roh Kudus itulah yang menuntun, membentengi dan mengingatkan kita.
Amin

No comments: