Saturday, May 24, 2008

GAYA/WARNA PERJALANAN ROH LUCIFER

Ringkasan Khotbah Kebaktian Minggu Pagi, 6 April 2008
Oleh : Pdt. Frans Z. Assa

II Petrus 2 : 14 - 15 — Mata mereka penuh nafsu zinah dan mereka tidak pernah jemu berbuat dosa. Mereka memikat hati orang-orang yang lemah. Hati mereka telah terlatih dalam keserakahan. Mereka adalah orang-orang yang terkutuk! Oleh karena mereka telah meninggalkan jalan yang benar, maka tersesatlah mereka, lalu mengikuti jalan Bileam, anak Beor, yang suka menerima upah untuk perbuatan-perbuatan yang jahat.
Ada tujuh gaya/warna perjalanan (virus/ penyakit) dari orang-orang yang nampaknya rohani tapi berhati binatang yang selalu mengincar orang percaya agar orang percaya bersama Lucifer dicampakkan ke penghukuman kekal selama-lamanya. Sekalipun tujuh gaya perjalanan dari roh Lucifer yang berusaha setiap saat coba sematkan agar menjadi jubah orang percaya tapi Tuhan tidak pernah gagal untuk menepati janjiNya. Yesaya 44 : 21, ...engkau tidak Kulupakan... inilah janji Tuhan; perjalanan hidup kita tidak dilupakan Tuhan.
Apabila Yesus mengingat kita bukan karena kita telah berbuat sesuatu bagi Dia tapi karena apa yang Ia telah perbuat bagi kita, Yesus rela mati menebus dosa-dosa kita. Sebab itu tidak ada alasan untuk berkata tidak ada harapan karena Yesus mengingat kita. Lucifer melihat betapa dahsyatnya pengharapan orang percaya dan ia berusaha untuk tebarkan virus, penyakit yang merupakan gaya perjalanannya.
Virus yang iblis tebarkan:
1. Mata penuh dengan nafsu zinah.
Penuh dengan keinginan yang menyimpang dari kebenaran firman Allah, bertentangan dengan hati Tuhan. Zinah = percampuran dari dua orang yang tidak terikat perkawinan; nafsu untuk memiliki apa yang bukan haknya. Kita harus bersyukur dan menghargai kodrat kita masing-masing. Matius 6:22-23, di akhir zaman akan muncul orang yang nampaknya rohani tapi berhati binatang, mata mereka menjadi sumber ketidakpuasan, seharusnya mata menjadi pelita bagi tubuh. Mazmur 6:7-8, mata rohani menjadi rabun karena sementara aktif Iblis membawa roh cemburu, tidak puas dengan keberhasilan orang lain.
2. Tidak jemu-jemu berbuat dosa.
Selalu mencari permasalahan yang sebenarnya bisa ditinggalkan.
3. Memikat hati orang-orang yang lemah.
Mempengaruhi orang yang bisa dipengaruhi.
4. Hati telah terlatih dalam keserakahan.
Egois, selalu ingin dilihat orang.
5. Meninggalkan jalan yang benar.
Kelihatannya rohani (tidak secara terang-terangan, tidak tampak) tapi ada akar kepahitan.
6. Tersesat mengikuti jalan Bileam, anak Beor.
7. Suka menerima upah untuk perbuatan-perbuatan yang jahat.
Puas kalau menyusahkan orang lain, puas melihat orang lain suntuk, puas melihat orang lain meninggalkan Tuhan.
Menyikapi, menghadapi ancaman penyakit ini, Allah siapkan firman, Roh Kudus dan tempat untuk bisa melawan yaitu duduk di kakiNya dan berdoa dan Allah juga sediakan fasilitas bagi kita supaya kita tidak gagal tapi menang. Ibrani 1 : 7 ...Ia menjadikan segala malaekatNya angin, dan pesuruhNya nyala api... (TL); bahasa asing = pelayan Tuhan artinya melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Tuhan.
Apa saja yang dilakukan malaikat bagi orang percaya?
1. Matius 18 : 10.
Dunia menganggap kita 'anak kecil' dan seringkali kita disepelekan tapi Tuhan menugaskan malaikat di sorga untuk menjaga anak-anakNya.
2. Daniel 6 : 23.
Tuhan kirimkan malaikatNya untuk mengatupkan mulut singa yang selalu mengancam kita setiap hari.
3. Kejadian 28 : 12.
Ketika irama hidup kita naik-turun, malaikat Tuhan juga ikut naik turun, di masa kepicikan sekalipun Tuhan siapkan malaikat mengikuti irama perjalanan hidup kita.
Lukas 22 : 41 - 42, 44, begitu berat beban yang menindis hidup Yesus, Ia menanggung beban dosa kita sampai peluhNya seperti titik-titik darah. Seringkali kita mengalami pengalaman yang berat, tidak ada tempat menaruh harapan lagi tapi Lukas 22 : 43, ketika Yesus sedang remuk tidak berdaya malaikat datang untuk melayani, menghibur, menguatkan untuk menetapkan hatiNya.

Amin

No comments: