Sunday, November 30, 2008

PEMULIHAN HATI DAN PEMULIHAN ROH

Ringkasan Khotbah Kebaktian Minggu Pagi, 2 November 2008
Oleh Pdt. Frans Z. Assa
Pengkhotbah 3 : 11 - Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.
TBS - ...segala sesuatu di dunia ini terjadi pada waktu yang ditetapkan Tuhan...
Berbicara tentang dunia = menyentuh hidup pribadi, keadaan lingkungan, alam, berarti Tuhan mempunyai waktu yang seringkali berbeda dengan waktu manusia. Dalam bahasa Yunani ada 3 jenis waktu:
1. AiƓnios berarti kekal, waktu yang tidak berawal dan berakhir.
2. Kairos adalah waktu yang Tuhan ditentukan untuk sesuatu, untuk kunjunganNya, pelayananNya. Kairos tidak bisa disamakan dengan keinginan kita.
3. Kronos adalah suatu jangka waktu atau masa dispensasi yang diberi kepada manusia.
Ketika berhadapan dengan susah senang yang saling berpacu, kita berada di kronos ini Tuhan sediakan kairos/waktu kunjunganNya kepada kita tapi seringkali kita tidak bisa menangkap isyarat dari Tuhan. Di sinilah perlunya, di waktu kronos ini kita harus dipulihkan. Galatia 5 : 17 -Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging... itu sebabnya ketika Tuhan mau mengunjungi kita, kita tidak bisa menangkap. Ilustrasinya: Kisah Para Rasul 10 : 1 - 3 - ...Dalam suatu penglihatan, kira-kira jam tiga petang, jelas tampak kepadanya seorang malaikat Allah masuk ke rumahnya... dalam kisah ini Kornelius bisa menangkap isyarat dari Tuhan ketika Tuhan berkairos kepadanya. Itu sebab-nya ia menyuruh pegawainya untuk pergi ke Yope bertemu dengan Petrus dan menyuruh Petrus untuk datang ke rumahnya. Seorang yang dapat menangkap kunjungan Tuhan adalah seorang yang dapat membaca apa yang akan terjadi hari besok. Kalau kita punya hubungan dengan Tuhan ketika Tuhan kunjungi roh kita – bukan emosi/pikiran dan sentralnya adalah hati – kita bisa menangkap isyarat Tuhan, bisa melihat hari-hari yang akan datang.
Kalau roh kita dipulihkan, Roh Allah akan menuntun dan memberitahu apa yang ada di depan kita sehingga kunjungan Tuhan kita bisa mengerti dan kita dapat melihat apa yang terjadi di hari yang akan datang. Kejadian 48 : 13 - 14, Yakub, ia mendapat kunjungan Tuhan saat ia akan lakukan sesuatu yang akan menyentuh masa depan sehingga ia tidak salah dalam mengambil keputusan. Pada waktu Yakub memberkati kedua cucunya (anak-anak Yusuf), tangan kanan yang seharusnya untuk Manasye dia alihkan kepada Efraim dan tangan kirinya yang seharusnya untuk Efraim ia tumpangkan kepada Manasye. Atas Efraim turun berkat yang luar biasa, atas Manasye juga turun berkat yang luar biasa tapi antara Efraim dan Manasye berbeda, misalnya dalam sejarah bangsa-bangsa Efraim menurunkan bangsa Amerika (sekalipun dalam keadaan krisis saat ini tapi diberkati luar biasa), Manasye menurunkan suku-suku di Britania Raya. Pengalaman saat ini acapkali itu merupakan hasil keputusan waktu lalu, soal memilih keputusan itu hak kita tapi ketika menerima akibat dari sebuah pilihan kita tidak bisa pilih-pilih.
Mengapa apa yang dilepaskan Yakub itu betul-betul terjadi? Karena Yakub telah mengalami:
1. Pemulihan hati.
Yeremia 17 : 9. Yakub seringkali diartikan sebagai seorang yang licik, penipu namun Yakub punya pengertian pemohon, pe-rencana, punya banyak ide. Ketika Esau meminta satu piring kacang merah Yakub meminta imbalan hak kesulungan pada Esau lalu ia menerima hak kesulungan. Amsal 6 : 17 - 19, hati yang membuat segala rencana-rencana yang jahat, Yakub kita kenal sebagai seorang yang licik, penipu, gelar ini kemudian disandangkan orang kepadanya padahal itu bukan karena kesalahannya. Melalui proses ini hatinya mulai tercemar, ada satu kemarahan tersembunyi. Yakub tidak mungkin akan dapat melepaskan berkat kepada keturunannya kalau ia tidak mau dipulihkan hatinya. Kejadian 32, LAI memberi tema Yakub takut bertemu dengan Esau, karena hati tidak beres tapi setelah pasal 32 lalu masuk ke pasal 33 Yakub berbaik kembali dengan Esau, ia tidak takut lagi hatinya lega karena di dalam pasal 32 : 24 - 30 ia ber-gumul dengan seorang malaikat. Selama ini hatinya tercemar (merasa terusik, sebal, marah) tapi ia telah alami pemulihan hati, pembaharuan dari Roh Kudus, namanya diubah menjadi Israel yang berarti pewaris dari semua janji-janji Allah.
2. Pemulihan roh.
Lukas 1 : 46 - 47. Maria ketika berada di kondisi yang sukar untuk dipikirkan, ia menyerahkan roh, tubuh dan jiwanya ke tangan Tuhan dan ia alami pemulihan roh, ia dapat menangkap hati Tuhan. Seorang yang alami pemulihan roh adalah seorang yang dapat melepaskan semua ke dalam tangan Tuhan tanpa berdalih-dalih.
Yakub sudah mengalami pemulihan hati dan roh, dua komponen yang ia nikmati ini telah mengubah hati Esau. Saat kita mau nikmati pemulihan hati dan pemulihan roh, terobosan mujizat akan terjadi. Yesaya 41 : 14, buah dari kerelaan hati dan roh yang dipulihkan ini terus mengalir sampai pada turunan Yakub, 1017 tahun kemudian ketika turunannya sedang dalam tekanan bangsa Syria, dalam ancaman kerajaan Babilonia, dan disusahkan oleh bangsa Mesir tapi karena Tuhan ingat kepada Yakub yang mau dipulihkan hati dan rohnya maka Tuhan akan menebus (= semua ketidak-berdayaan, kecemasan dan ketakutan Tuhan ambil alih semuanya) dan akan menolong.Amin

No comments: