Thursday, March 12, 2009

JANGAN BIMBANG

Ringkasan Khotbah Minggu Pagi, 1 Maret 2009
Oleh Pdt. Frans Z. Assa

Yakobus 1:7 - Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.

Di dalam surat Yakobus ini dikatakan orang yang bimbang bagaikan gelombang yang diombang-ambingkan oleh angin. Siapa mereka dan bagaimana bisa sampai terjadi mereka tidak menerima sesuatu pun dari Tuhan? Ada orang Kristen ¾sudah mendengar Injil¾ ternyata tidak menerima sesuatu dari Tuhan padahal Injil (= Kabar Baik; Good News; Euanggelion - bahasa Yunani) adalah kekuatan Allah. Waktu kita mendengar firman Allah dan menyetujuinya, kuasa Allah akan mematahkan semua belenggu, merobohkan tembok-tembok.

Euanggelion artinya menyelamatkan (selamat = sōzō artinya be make whole; Tuhan sudah menyediakan semua baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan); merawat semua yang kita butuhkan; di dalam Injil ada kuasa, ketika takut Injil memberi kekuatan, ketika sakit Injil memberi kesembuhan dan ketika kita merosot, Injil mengangkat kita. Injil adalah berita Allah, kabar dari surga yang tidak salah, tidak ada yang tidak terjadi, Injil tidak pernah gagal, Injil selalu memberi hasil. Yesaya 55:11 - demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

Berita surga adalah kabar yang keluar dari mulut Allah sendiri, berita yang menghibur, menguatkan, membebaskan dan tidak menggocangkan. Seringkali kabar dari manusia adalah kabar kosong dan kita harus mempunyai filter supaya tidak mencemari hidup kita. Mana yang lebih banyak kita dengar, berita dari Allah atau berita dari manusia? Sebanyak mana kita menampung, itu berpengaruh pada cara berpikir, cara berkata-kata dan cara kita bertindak.

Yesaya 14:24 - ..."Sesungguhnya seperti yang Kumaksud,... (seperti yang Kugagas - terjemahan bahasa Inggris). Ketika Tuhan merencanakan manusia akan dibinasakan dengan banjir karena manusia tidak pernah berterima kasih pada Tuhan, dosa manusia sudah sampai ke hadapan Tuhan (Kejadian 6), Tuhan juga punya rancangan akan menyelamatkan orang yang percaya pada firman Allah. Tuhan memberi waktu 120 tahun, Tuhan memberi gagasan pada Nuh untuk memberitakan kabar kesukaan supaya manusia bertobat, dan siapa yang bertobat akan selamat. Jadi ada dua sisi, sisi pertama yaitu kebinasaan bagi semua makhluk ¾mereka yang menolak firman Tuhan¾ (Kejadian 7:21) dan sisi kedua mereka yang percaya pada Tuhan akan selamat (Kejadian 7:23).

Gagasan Tuhan ini benar-benar terjadi. Kejadian 6:22 - Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya, ini yang menyebabkan Nuh dan semua yang bersama dengannya dalam bahtera selamat, Nuh memilih untuk percaya dan melakukan seperti yang Tuhan katakan, setuju dan melakukan firman Allah.

Kenapa ada orang yang sudah menerima/mendengar Injil tapi tidak menerima apa-apa? Hubungkan dengan Ulangan 1:22-23, Musa didesak oleh orang Israel, lalu dipilihlah 12 orang untuk mengintai Kanaan, ternyata oleh misteri ilahi mereka terbagi menjadi dua kelompok yang menunjukkan dua mutu/kualitas iman: 10 orang - tidak mau mengembangkan sikap iman yang positif sedangkan 2 orang - mereka mau mengembangkan sikap iman yang positif. Bilangan 13:31-33, setelah pulang dari pengintaian mereka memiliki hasil yang berbeda, sama-sama diurapi, didoakan, mendengar Euanggelion tapi mereka memiliki mutu yang berbeda. Di lembah Eskol ke-10 orang pengintai tidak bisa melihat berkat Tuhan, yang mereka lihat hanya raksasa, mata mereka dipenuhi ketakutan, berbeda dengan Yosua dan Kaleb (Bilangan 13:23,24), mereka memilih untuk percaya kepada Tuhan dan setuju negeri Kanaan ini diserahkan oleh Tuhan karena Tuhan akan melaksanakan apa yang Ia gagas orang percaya akan diberkati dan tidak akan dipermalukan, mereka memotong setandan anggur yang merupakan bukti negeri Kanaan diserahkan pada mereka.

Kenapa Yosua dan Kaleb menerima bahkan berlimpah-limpah dan yang 10 orang tidak menerima apa-apa? Mazmur 1:1,2 - Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Merenungkan = hagah - bahasa Ibrani artinya menderu bagaikan angin, meraung bagaikan raksasa (menderukan dalam dirinya, menyerukan). Yosua dan Kaleb bukan melihat raksasa tapi mereka melihat seperti yang firman Allah katakan, semua permintaan kita dijawab oleh Tuhan kalau firman dan Yesus yang ada dalam hidup kita. Periksa, apa yang lebih banyak di dalam hidup kita, firman ataukah yang lain yang ada dalam hidup kita?

Amin.

No comments: