Sunday, October 10, 2010

KELEMAHLEMBUTAN

Ringkasan Khotbah Minggu Pagi, 10 Oktober 2010
Oleh Pdt. Frans Z. Assa


Yakobus 3:13 - Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi?Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan.
Sebagai orang percaya, sementara dunia berubah dalam banyak hal Tuhan ingin supaya orang percaya tampil --sebagai apapun-- menyatakan keberadaan kita dalam perbuatan melalui kelemahlembutan. Hari-hari ini sikap manusia semakin kasar di ruang lingkup mana saja. Kenapa sampai hari-hari ini kelemahlembutan sudah pudar? Kalau pun di mana-mana kelemahlembutan pudar jangan sampai itu ada dalam gereja karena roh kelemahlembutan itu dari Roh Kudus.
Roh lemah lembut di akhir zaman. II Timotius 3:1 - Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Dua ribu tahun yang lalu Roh Allah mendorong Paulus untuk menuliskan hal ini yang walaupun situasi saat itu Paulus menganggap biasa saja situasinya. Khalepos (bahasa Yunani) = yang sukar; berbahaya. Kita berada di hari-hari yang membahayakan, jam-jam yang penuh bahaya. Kenapa? Yang menjadi penyebab hari-hari ini sangat membahayakan, kita dikelilingi, dikepung oleh bencana-bencana karena di akhir zaman akan muncul karakter-karakter ekstrim--manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang, mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah (II Timotius 3:2-4).
Kenapa sampai roh kelemahlembutan pudar bahkan semakin tipis dan sekarang di mana-mana sukar kita temukan? Matius 13:25-26 - Tetapi pada waktu semua orang tidur, datanglah musuhnya menaburkan benih lalang di antara gandum itu, lalu pergi. Ketika gandum itu tumbuh dan mulai berbulir, nampak jugalah lalang itu. Tuhan punya ladang yang dibersihkan, batu-batu disingkirkan sehingga menjadi tanah yang subur lalu pemilik ladang mulai menanam benih yang baik, tapi saat benih yang baik tumbuh muncul juga lalang (akarnya --imperata cylindrica--merusak tanaman di sekitarnya). Kapan lalang bisa muncul bertumbuh? Pada waktu semua orang tidur (= tidak siaga, tidak berjaga-jaga, tidak siap); pada waktu seseorang lalai saat itulah iblis menabur benih yang tidak baik ke lahan kegiatan dan kebutuhan orang itu.
Kebutuhan, semua orang butuh hiburan melalui televisi, novel, film. Kebutuhan melalui pernak-pernik sekolah bergambar Naruto yang sangat digemari anak-anak. Naruto, di dalamnya ada roh rubah-rubah yang merusak, mereka mempunyai motto dari gerakan zaman baru yang intinya be your self, all by myself, I am is everything, everything is I am; karakter terimpartasi, sementara mengkondisikan usia-usia yang menyukai ini berpusat pada diri sendiri, mendidik tanpa sadar tidak membutuhkan Tuhan. Novel Harry Potter yang ditulis oleh J.K. Rowling dalam satu hari laku 75 juta copy di seluruh dunia. Mantra-mantra sihir dibacakan pada waktu karangan yang siap dijadikan film diupacarakan supaya ‘diurapi’ oleh setan, tujuannya untuk memasukkan karakter iblis kepada manusia. Pernak-pernik kesehatan berupa gelang power balance tujuannya untuk menyeimbangkan ion positif dan ion negatif dalam tubuh manusia; dikemas modern berdasarkan filsafat oriental (India, Korea, China, Jepang). Ketika mereka mengemas perangkat-perangkat kesehatan berdasarkan filsafat penyembahan berhala dikemas menjadi sesuatu yang ilmiah untuk mengatur sirkulasi darah. Di tengah-tengah orang yang lengah iblis tabur benih yang tidak baik, kalau tidak hati-hati memang sepertinya ilmiah tapi akan terjebak. Kitab Wahyu mengatakan kalau dunia makin tercemar, gereja tidak boleh tercemar. Game online Yo Gi Oh yang banyak disukai remaja putri, Transformer banyak digemari remaja putra, pesan-pesan dimasukkan, permainan kasar, motto: one world religi, one world government, one world economy. Kalau ini tema mereka, siapa lagi yang menjadi pemimpin yang mengendalikan semua kalau bukan antikris.
Lihat situasi ini. Lukas 21:28 - Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat. Yesus menyatakan kalau semua itu mulai terjadi, kita berada di arus yang sangat berbahaya, ini bukan sekadar kemajuan tekhnologi tapi Yesus segera datang. Hindari tawaran-tawaran dari dunia, para orangtua asuh anak-anak dengan baik jangan serahkan pada film-film untuk mengasuh anak-anak kita. Wahyu 12:14 - Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, di mana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa. Kita berada di zaman khalepos yang sangat berbahaya tapi Tuhan tidak pernah tutup mata untuk kita. Tuhan sanggup memperomosikan kita, kita tidak mampu memikirkan cara Dia menolong kita. Jangan takut dan kuatir karena Tuhan pasti sediakan cara untuk menolong kita. Amin.

No comments: