Tuesday, September 23, 2008

JADILAH ORANG PERCAYA YANG BERKUALITAS EMAS

Ringkasan Khotbah Kebaktian Minggu Pagi, 7 September 2008
Oleh : Pdt.. Frans Z. Assa

II Petrus 3 : 12 - ...yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.
Petrus menjelaskan dua peristiwa besar yang akan terjadi dalam menyelesaikan sejarah dunia maupun sejarah gereja di akhir zaman :
1. II Petrus 3 : 12a - ...yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah.
Orang percaya sementara menunggu kedatangan Tuhan, memperoleh mandat (kepercayaan) untuk mempercepat kedatangan Tuhan kali yang kedua. Soal cepat tidaknya kedatangan Tuhan itu mempunyai hubungan dengan kesiapan kita berperan di dalam mempercepat kedatangan Tuhan.
Kepercayaan/tugas yang bagaimana yang diberikan kepada kita sebagai orang percaya sehingga kita dapat mempercepat kedatangan Tuhan ?
Paulus menerangkan dalam Galatia 5 : 13, layanilah = perhatikanlah, pedulilah seorang dengan yang lain tanpa ada batasan, melayani tidak hanya kepada orang yang membuat hati kita nyaman karena karakter Allah seperti matahari, sinarnya dicurahkan rata tanpa membeda-bedakan. Karakter ilahi harus ada dalam penghidupan kita supaya kita bisa melayani Allah. Petrus menerangkan lebih jauh dalam I Petrus 4 : 10, dalam hal melayani ada aturannya, layanilah sesuai dengan karunia (= potensi, ketrampilan, kemampuan) yang kita terima dari Allah karena anugerahNya. Jadilah pengurus yang baik, sehingga kita bisa melayani satu dengan yang lain.
Efesus 4 : 12. Siapa saja yang menerima karunia dari Tuhan? Mereka adalah orang-orang kudus, karunia itu untuk memperlengkapi kita supaya kita melakukan pekerjaan pelayanan pembangunan tubuh Kristus. Ketika kita dalam pelayanan, pelayanan menuntut material yang mungkin ada pada kita, pakailah dengan baik jangan disimpan. Setelah kita menjadi pengurus yang baik, soal mempercepat kedatangan Yesus, Yesus jelaskan dalam Matius 24 : 14, berfungsilah dengan baik sesuai karunia masing-masing.
2. II Petrus 3 : 12b - Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.
Cahaya kemuliaan akan membangkitkan orang mati dan orang percaya yang di padang belantara diangkat dan bertemu Tuhan di udara, dengan cahaya kemuliaan Tuhan yang sama pula menjadi api yang melelehkan dunia ini. Penyelesaian tubuh Kristus/anggota jemaat Tuhan akan diselesaikan oleh api. Seringkali api diijinkan Tuhan terjadi untuk menyelesaikan iman kita, untuk menunjukkan kita berkualitas emas atau tidak. I Korintus 3 : 12-15, gereja akan diselesaikan oleh api, kualitas iman/rohani setiap jemaat terdiri dari dua macam yaitu emas, perak, batu permata atau kayu, rumput kering, jerami. Ketika api dilemparkan ke komunitas ini yang langsung terbakar adalah kayu, rumput kering dan jerami, betapa besar kerugiannya walau pun kemudian bisa selamat karena sempat terbakar. Tuhan taruhkan pengajaran ini agar kita berusaha menjadi orang Kristen yang berkualitas emas, perak, batu permata sehingga waktu api dilemparkan kita tenang.
Daud, seorang tokoh Alkitab, Tuhan proses supaya menjadi emas, perak, batu permata, sebenarnya pada waktu Tuhan proses ia berkualitas kayu, rumput kering, jerami. I Samuel 25 : 2-13, Daud adalah seorang yang berkenan di hati Tuhan (berkualitas emas, perak, batu permata) namun keadaan rohaninya seperti kayu, rumput kering, jerami. Daud terbakar mendengar kata-kata Nabal yang meremehkannya. Betapa suka hati Tuhan ketika api sudah menyala karena pada waktu itu akan tahu mana emas dan mana jerami, pilihan ada di tangan kita, Tuhan memberi hati kita untuk melihat ketika api dilempar kita akan tenang karena kita emas tapi kalau jerami akan mudah terbakar, emosi naik dan mencemari iman. Mazmur 31:10-11 adalah keadaan iman jerami, ia akan selalu merasa dalam kesesakan. Jadilah orang percaya yang tidak mudah terbakar, berkualitas emas. Setelah Daud sadar itu mendatangkan kerugian besar, Daud bertobat karena pernah dan mudah terbakar, ia berkata dalam Mazmur 51 : 13 - Janganlah membuang aku dari hadapanMu, dan janganlah mengambil rohMu yang kudus dari padaku ! Dan ia menyudahi permohonannya dalam Mazmur 143 : 10 - Ajarlah aku melakukan kehendakMu, sebab Engkaulah Allahku! Kiranya RohMu yang baik itu menuntun aku di tanah yang rata ! Ketika Daud berada dalam kehendak Allah, Daud melihat Roh Tuhan menuntun di tanah rata (daerah kemenangan yang luar biasa). Jadilah emas dan milikilah kualitas emas.
Amin

No comments: