Sunday, October 16, 2011

ALLAH ADALAH SUMBER DARI PERATURAN

Ringkasan Khotbah Minggu Sore, 16 Oktober 2011
Oleh Pdt. Frans Z. Assa


I Korintus 14:33 - Sebab Allah tidak menghendaki kekacauan, tetapi damai sejahtera. Sejak awal zaman, Allah memperkenalkan diri bahwa Allah adalah sumber dari peraturan. Tuhan menjunjung tinggi, menghargai peraturan yang dibuat.

Mazmur 19:2 - Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya.

Dalam hal apa jagad raya menceritakan tentang kedahsyatan Allah, itu tampak melalui peraturan-peraturan yang ditetapkan; cakrawala mengajarkan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan? Planet-planet yang mengelilingi matahari masing-masing mempunyai waktu edar yang berbeda-beda; planet yang paling dekat dengan matahari yaitu Merkurius mengelilingi matahari dalam waktu 3 bulan; Venus mengelilingi matahari kurang lebih dalam waktu 7 bulan; Bumi mengelilingi matahari dalam waktu 1 tahun, sementara itu Bumi juga berputar pada sumbunya sehingga terjadi perbedaan siang dan malam di belahan dunia; Pluto --planet terjauh-- mengelilingi matahari 247 tahun; semuanya berputar menurut kecepatannya. Semua berputar menurut peraturan Tuhan, kalau tidak semuanya akan berantakan.

Taatilah karena Tuhan adalah sumber dari peraturan, Petrus menulis dalam I Petrus 2:13-14, taatilah peraturan-peraturan, hormatilah wewenang/otoritas seseorang, otoritas yang didelegasi-kan; demikian juga dalam hal menghormati orangtua, apapun, siapapun profil orangtua kita, hormati! Paulus menegaskan dalam Roma 12:10 - Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat. Aplikasikan dalam hidup kita. Yohanes 12:26 - Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa. Kalau kita didapati menaati peraturan-peraturan Tuhan, kita dihormati oleh Bapa di sorga.

Apakah hal ini bisa dibuktikan?

Menghormati mempunyai padanan kata dengan Tuhan akan mengangkat dan memberkati. Ester 2:15-17 - Ketika Ester ... mendapat giliran untuk masuk menghadap raja, maka ia tidak menghendaki sesuatu apa pun selain dari pada yang dianjurkan oleh Hegai, ... sehingga baginda mengenakan mahkota kerajaan ke atas kepalanya dan mengangkat dia menjadi ratu ganti Wasti. Raja Ahasyweros sedang mencari permaisuri pengganti Wasti; Wasti dipecat karena tidak taat. Ester adalah salah satu di antara gadis-gadis yang dikumpulkan di benteng Susan untuk mengikuti pemilihan pengganti ratu Wasti. Ester menaati semua peraturan, semua nasihat yang diberikan oleh Hegai--seorang ahli tata boga dan tata rias kerajaan Persia.

Selama enam bulan pertama dilulur dengan mur, diatur makanannya. Kitab Ester merupakan simbol, Ester gambaran orang percaya yang dinasihati oleh ahli tata boga, kita hanya boleh mengkonsumsi firman Allah yang tidak diputarbalikkan. Roh Allah mendorong Paulus untuk menuliskan Efesus 4:14, konsumsi firman Alah harus hati-hati karena akan muncul orang yang menyampaikan firman Allah dengan diputarbalikkan. Enam bulan kedua Ester harus memakai minyak kasai untuk membuka pori-pori kulitnya supaya kulit bernafas. Minyak kasai = pujian, penyembahan, urapan Roh Kudus. Hati-hati! Ujilah! Jangan sembarang roh, pengajaran ditelan kalau kita tidak mau sesat. Ester patuhi semua peraturan yang ditetapkan Hegai. Ketika ia menaati Hegai --ahli tata boga dan tata rias-- maka ia dikasihi raja lebih dari yang lain. Ester seorang yatim piatu, bangsa yang tertolak tapi ketika ia menaati firman Allah, ia dipromosikan oleh Tuhan. Orang yang menaati firman Allah pasti dipromosikan oleh Tuhan dan Tuhan akan memberkati.

Ibrani 11:16 - Tetapi sekarang mereka merindukan tanah air yang lebih baik yaitu satu tanah air sorgawi. Sebab itu Allah tidak malu disebut Allah mereka, karena Ia telah mempersiapkan sebuah kota bagi mereka. Tuhan berkata kepada Abraham, “Aku tidak malu disebut Bapa, Allahmu,” sebab Abraham menaati firman Allah. Ambillah komitmen mau taat kepada firman Allah, kalau kita taat Tuhan sudah siapkan apa yang kita butuhkan menurut waktuNya.

Amin.

No comments: