Thursday, May 13, 2010

DAHSYATNYA KUASA DOA

Ringkasan Khotbah Minggu Pagi, 13 Mei 2010
Oleh Pdt. Frans Z. Assa


Yakobus 4:3 - Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu. Manusia dibentuk dari debu, debu bila tidak dinafasi oleh Allah, tidak berisi minyak urapan Roh Kudus, tidak dipenuhi Roh Kudus doanya justru doa yang membuat ia berantakan. Ada orang Kristen selalu melengkapi pengiringannya dengan berdoa tetapi tidak menerima apa-apa karena mereka meminta hanya untuk menyenangkan daging.
Matius 6:10 - datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga adalah pengajaran Yesus tentang doa yang benar, doa pasti memberi buah yang membahagiakan kita. Bila kita berdoa dengan benar maka tatanan kerapihan, kelimpahan sorga dituangkan, dialihkan ke atas mereka yang berdoa dengan benar. Tuhan akan benahi hidup kita saat kita berdoa. Paulus terangkan tentang doa yang benar dalam Filipi 4:6-7, doa adalah sesuatu yang luar biasa, di sana berisi perkara-perkara dahsyat; ketika kita berdoa dengan benar, hati yang kecut dan pikiran yang kalut akan ditunggui oleh damai sejahtera Tuhan. Yakobus terangkan dalam Yakobus 5:16, doa sangat besar kuasanya. Baik Yesus, Paulus, Yakobus menerangkan doa itu besar kuasanya.
Sedahsyat apa doa itu?
Yeremia 33:3, doa akan membongkar bongkah batu-batu kemustahilan sehingga muncul batu-batu permata yang indah, jawaban dari Tuhan, doa akan menaklukkan lumpur-lumpur ketidakberdayaan yang menenggelamkan menjadi taman buah-buah sukacita dan kemenangan. Sebenarnya doa itu pasti berdampak baik. Hati-hati! Ada doa justru doa itu membuat pendoa hancur berantakan:
1. Bila doa yang dipanjatkan berisi kesombongan. Mazmur 55:6-9.
Pada waktu hati Daud gelisah, dipenuhi kengerian, dikendalikan takut dan gentar, tidak bisa tidur lalu Daud mulai berimajinasi ia utarakan dalam bentuk doa, namun imajinasi yang tidak dikontrol oleh Roh Kudus. Merpati berbicara tentang hal-hal yang rohani. Yunus artinya merpati, tulus, namun ketulusan hati tercemar, integritasnya mulai goncang ketika Tuhan mengutusnya pergi ke Niniwe semula ia responi tapi kemudian ia teringat nenek moyangnya, sebenarnya dulu mereka kaya tapi harta benda mereka telah dirampas oleh bangsa Syria untuk membangun kota Niniwe. Hati harus dikontrol dan dikendalikan firman Allah. Ingat! manusia debu, program dan rencana kita harus diurapi dengan Roh Kudus.
Nampaknya sederhana harapan, doa Daud--ingin memiliki sayap merpati. Daud menyuruh panglima Yoab pergi untuk menjelajahi Israel, menghitung bulu-bulu merpati yang tidak berarti menjadi sayap yang cukup tebal; kelihatannya rohani tapi ada keinginan-keinginan dari debu. Tuhan menyuruh Gad untuk menyampaikan berita kepada Daud, Daud punya doa tapi doa yang memuat kesombongan, membuat hidup berantakan. Ketika Daud sadar, integritasnya hancur karena kesombongan, Roh Kudus memulihkannya (Mazmur 55:17). Miliki doa yang diurapi Roh Kudus sehingga menyenangkan Tuhan, bukan membuat masa depan hancur.
2. Bila doa dipanjatkan dengan kepahitan. Kejadian 30:1.
Permohonan Rahel merupakan doa nampaknya benar/rohani tapi di dalamnya penuh kebusukan. Rahel ingin keluar dari aib sebab ia mandul. Pakaiannya nampaknya rohani ingin berbuah-buah tapi di dalamnya ada kepahitan-kepahitan, seperti Yefta dipersingkat masa kerjanya oleh Tuhan. Rahel punya kepahitan yang sudah tumbuh bertahun-tahun, Laban--ayahnya mempermainkannya ketika Lea--kakaknya menggantikan posisinya mendapatkan Yakub sebagai suaminya setelah Yakub bekerja pada Laban selama tujuh tahun, dan Yakub harus bekerja lagi tujuh tahun untuk mendapatkan Rahel. Kebencian pada ayahnya bertumbuh subur, buktinya: Kejadian 31:19, ia mencuri terafim andalan ayahnya. Ketika Yakub dan rombongannya lari pulang ke Hebron, Laban mengejar mencari terafimnya. Yakub tidak tahu kalau Rahel telah mencuri terafim ayahnya. Yakub sesumbar mengatakan silakan cari, orang yang mencurinya pasti tidak akan hidup. Ketika Rahel melahirkan anak keduanya, Rahel mati. Jangan simpan kepahitan, buang kepahitan!
Ada doa yang memberi sukacita dan masa depan yaitu doa yang berisi permohonan, pengampunan untuk merebut janji yang sempat hilang. Yunus 2:1-10. Ketika Tuhan memanggil Yunus untuk ke Niniwe --sebelum Yunus tercemar-- Yunus bertanya untuk apa ia datang ke Niniwe yang punya roh Nimrod (kekerasan, memberontak, selalu menentang), apakah mereka bisa berubah? Kalau Tuhan yang mengutus pasti sesuatu terjadi. Yunus tercemar, setelah dibuang ke laut dan ditelan ikan besar, integritas yang sempat tercemar itu utuh kembali, ia akui semua kejahatan, ia punya doa mohon pengampunan dan ia minta janji dari Tuhan (merebut janji Allah). Setelah ikan itu memuntahkan dia, dan dia pergi ke Niniwe, Tuhan tidak membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk raja dan seluruh penduduk Niniwe bertobat.
Allah janji sebagai apapun kita akan berhasil kalau kita punya doa mohon pengampunan dan rebutlah janji Allah, Tuhan akan buktikan.
Amin.

No comments: